Sadou - Upacara Minum Teh

bersama Sadou Sensei & murid2nya
Waktu ke Jepang saya sempat diajakin oleh salah seorang teman orang Jepang namanya Yuko Fujimoto a.k.a Yuko buat ikutan Sadou alias upacara minum teh. Yuko ini setiap minggu selalu pergi ke tempat tsb buat belajar Sadou. Saya pikir, ngapain juga ya orang Jepang belajar kaya gini..biasanya kan yang pengen belajar orang asing yang pengen belajar budaya Jepang. Tapi pas saya tanya kenapa Yuko mau belajar Sadou, jawaban dia amazing banget.. Kata Yuko : 'Saya suka belajar Sadou, karena saya dapet teman2 baru di sini yang asik2 dan sama2 suka budaya Jepang. Karena saya suka dengan budaya Jepang, kalau bukan orang Jepangnya sendiri, siapa lagi yang bakal melestarikan budaya bangsa sendiri?'
Yuko lagi minum matcha buatannya :)



Orang Jepang memang dikenal bangga & mencintai budaya mereka sendiri, kesindir saya jadinya :p.. 
Lalu sebagai penggemar matcha, tentunya saya excited banget waktu diajakin belajar Sadou. Tapi pas di perjalanan ke sana, deg-deg-an banget..
Nanti kalau ga ngerti sama omongan Sadou Sensei-nya gimana ya? Kalo saya salah ngerti omongan dia gimana ya? Secara bahasa Jepangnya belepotan kaya gini (><)

Tapi akhirnya dengan bantuan Yuko saya bisa mengerti apa yang diucapkan oleh Senseinya. Intinya sih Sadou adalah untuk menghormati tamu, karena orang Jepang dikenal dengan sopan santunnya. Walopun sebenernya ngga ngerti maksud dari apa yang dilakukan pada saat upacara minum teh itu dan udah lupa juga istilah2nya :D. Yang saya inget sekarang cuma chasen (pengaduk matcha) nya yang bentuknya lucu sama Mizu Youkan, wagashi yang disajikan setelah minum teh yang rasanya manisa dan enak bangett..
Senseinya juga ternyata baik banget, pas mau pulang Sensei-nya ngasih saya omiyage kipas kecil ala Jepang yang kayanya mahal juga :). Senangnya bisa ikutan sadou, yang kalo bayar sendiri kayanya saya ga mampu, untung ada Yuko jadinya gratiss..hehe :p 
Arigatou ne, Yuko.. it's a great experience for me!^^ 


me when learning sadou :)

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © Matcha Story. Design By Best Website Design
Buy Traffic and Templates On Sales